top of page

Akreditasi SMP FIWA memperoleh Predikat A





FIWA (Fitrah Islamic World Academy) didirikan dengan tujuan untuk menjadi sekolah berbasis Islamic research dan juga sebagai pintu gerbang masa depan Ulama, serta sebagai wadah ditempanya generasi pemuda muslim agar menjadi pemimpin & pengusaha dalam menghadapi masa depan islam. Fiwa memberikan pendidikan standar Islam Internasional untuk semua pemuda muslim melalui pembangunan karakter islam berdasarkan al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad sesuai dengan konsepsi Salafush Shalih sebagai dasar, yang mempersiapkan mereka untuk menjadi ulama, pemimpin & pengusaha masa depan.


Fiwa akan menjadi sekolah islam model yang menyediakan pendidikan islam, yang diakui secara internasional, inklusif, abad 21 bagi pemuda muslim untuk menjadi orang-orang sukses dalam kehidupan dunia dan akhirat, إن شاء الله


Fiwa merupakan sekolah muda yang berdiri pada pertengahan 2015. Sebagai sebuah lembaga pendidikan dan tempat untuk belajar dan mengajar, sebuah sekolah akan bermutu ketika lembaga tersebut mendapatkan pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang. Pengakuan dan hasil penilaian tersebut dinamakan Akreditasi. Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentuksn kelayakan dan kinerja sekolah.


Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002. Pada tanggal 01 dan 02 Oktober 2018 Tim Asesor Akreditasi Provinsi Jawa Barat mengunjungi Fiwa untuk melakukan akreditasi sekolah, tim asesor tersebut adalah bapak Sudibyo S.Pd M.Pd dan ibu DRa Hj. Arliningsih, M.Pd. Pada hari pertama akreditasi, asesor melakukan pemeriksaan data, sarana prasarana dan berkas sekolah termasuk kelengkapan mengajar setiap gurunya, kemudian pada hari kedua tim asesor melakukan pemeriksaan fasilitas Serta kegiatan belajar dan mengajar di fiwa.


Alhamdulillah setelah melalui beberapa rangkaian penilaian dari tim asesor akreditasi provinsi Jawa Barat, FIWA berhasil meraih predikat A untuk akreditasi tingkat SMP dan berkesempatan untuk mengemban amanat untuk menjadi sekolah rujukan di tingkat Jawa Barat.


Hasil akreditasi yang dilakukan diharapkan dapat menjadi bahan informasi untuk pemetaan indikator kelayakan sekolah/ma’had, kinerja warga sekolah/ma’had, termasuk kinerja kepala sekolah/ma’had selama periode kepemimpinannya, disamping itu, hasil akreditasi juga diperlukan oleh kepala sekolah/ma’had sebagai bahan masukan untuk penyusunan program serta anggaran pendapatan dan belanja sekolah/ma’had. Akreditasi ini diharapkan dapat menjadi pijakan untuk mebangun fiwa menjadi sekolah islam model yang menyediakan pendidikan standar Islam Internasional untuk semua pemuda muslim melalui pembangunan karakter islam berdasarkan al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad sesuai dengan konsepsi Salafush Shalih sebagai dasar, yang mempersiapkan mereka untuk menjadi ulama, pemimpin & pengusaha masa depan di wilayah Jawa Barat.

LOGO FIWA SCHOOL 2-01.jpg
bottom of page